d------: : .. MONQY REBORN .. : : COPYRIGHT BY : RICKY PERMADI NUGRAHA : : SAVE THE EARTH .. : : ------b monqy reborn: Rangkaian Thermometer Digital

Minggu, 04 Juli 2010

Rangkaian Thermometer Digital

Alhamdulillaaah, dengan munculnya post ini menunjukkan bahwa alat saya sudah berhasil digunakan,, hehe =D
Alat yang saya buat adalah termometer air digital. prinsip kerjanya sama kayak thermometer biasa cuma termometer ini bisa dipake buat ngukur suhu air. alat ini terdiri dari LM35DZ sebagai sensornya, IC CA3162E sebagai ADC, trus IC CA3161E sebagai dekodernya, n seven segmen common anoda. IC dekoder CA3161E gak bisa diganti sama 74LS47, soalnya CA3161E udah ada counternya (liat datasheet).
sebelumnya beredar di internet tentang skematik rangkaian termometer air digital, tapi setelah saya coba ternyata gagal terus. nih rangkaian yang saya coba tapi gagal.
akhirnya setelah di analisa ternyata itu rangkaiannya kurang spesifik,,alias ga jelas,, di rangkaian tersebut menggunakan sensornya adalah dioda 1N4148.. disini bikin bingung, apa bisa dioda dijadiin sensor??ternyata emang pas di coba gak berhasil tuh rangkaian.

akhirnya lagi saya pake sensor LM35DZ, dengan rangkaian yang agak diubah sedikit, cekidot :

di rangkaian itu kaki sensor LM35DZ dihubungkan ke VCC, GND ke kaki 11, dan outputnya ke kaki 10 dari IC CA3162E.
pokoknya kalo bikin termometer kayak gini tuh harus inget beberapa patokan awal waktu bikin:
1. membuat rangkaian multimeter, coba berikan tegangan pada input HI-LO rangkaian trus liat apa tampilan di display sama kaya nilai tegangan yang di kasih ke input?harusnya sama yaa walau ada toleransi sedikit.
2. sebelum LM35DZ dipasang, pastikan kalo rangkaian itu udah di kalibrasi, caranya hubung singkatkan input Hi dan Lo ke ground, trus atur potensiometer 50K sampe tampilan di display nunjukkin angka nol. kalo udah kalibrasi baru pasang sensornya dan test-it..

sementara saya post segini dulu ntar dilanjut .. hehe



3 komentar:

Anonim mengatakan...

kasih daftar komponen donk mas...
layout pcbny juga biar lengkap...
moga berguna buat pembaca....

monqy the warrior mengatakan...

iyah nanti saya masukkin,,
thanks ya,, ^^

Anton Prafanto mengatakan...

sob.. bisa minta list komponen2 nya ga?? terus gambar rangkaiannya bisa di perjelas,, soalnya kalo di perbesar gambarnya g jelas.. thx sebelumnya..